Cina Kirim Lebih dari 400 Atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020

By Nad

nusakini.com - Internasional - Cina akan kirim 431 atlet ke Olimpiade Tokyo dalam delegasinya yang beranggotakan 777 orang, jumlah terbesar mereka di Olimpiade di luar Cina, menurut media berita Xinhua pada hari Rabu (14/7).

Tim ini meliputi 298 atlet wanita, jumlahnya dua kali lipat lebih banyak daripada jumlah atlet pria yang hanya 133 orang. Semua atlet ini usianya beragam, mulai dari penyelam wanita Quan Hongchan yang merupakan atlet termuda pada usia 14 tahun hingga atlet penunggang kuda Li Zhenqiang yang berusia 52 tahun.

Gao Zhidan, wakil ketua direktur Administrasi Olahraga Cina mengatakan mereka adalah delegasi dengan jumlah terbesar yang pernah dikirimkan Cina ke luar negeri.

Delegasi di Olimpiade Beijing pada tahun 2008 lebih besar dengan 1.099 orang, termasuk 639 atlet.

Media berita Xinhua mengatakan Cina diharapkan bisa mendapatkan medali emas di cabang olahraga tenis meja, badminton, gimnastik, angkat beban, olahraga menembak, dan menyelam.

Olimpiade Tokyo sempat ditunda selama satu tahun akibat pandemi COVID-19, namun upacara pembukaan akan segera dilaksanakan dalam 5 hari lagi pada tanggal 23 Juli.